LAPORAN PENELITIAN
MINAT BACA SISWA SMA NEGERI 1 MALANG
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Membaca merupakan suatu cara untuk mendapatkan informasi dari sesuatu
yang ditulis. Semakin banyak membaca, maka semakin banyak pula manfaat yang
kita dapatkan. Kegiatan membaca sangat penting bagi para pelajar. Banyak orang
mengatakan bahwa dengan membaca, kita dapat membuka jendela dunia. Membaca
dapat membuka wawasan lebih luas. Informasi yang kita dapat tidak hanya dari
dalam , negeri, namun juga mengenai dunia yang luas ini.
Namun, sangat disayangkan pelajar pada zaman sekarang masih kurang sadar
akan pentingnya membaca, salah satunya adalah siswa siswi SMA Negeri 1
Singosari. Untuk mengisi waktu luang, sebagian besar para pelajar lebih memilih
bermain game online, mengobrol ria dengan teman-temannya atau hanya sekedar
jalan- jalan keliling sekolah. Padahal, waktu luang yang ada bisa digunakan
untuk berbagai kegiatan yang lebih bermanfaat untuk masa depan, salah satunya
adalah dengan membaca.
Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan penelitian berjudul “Minat Baca
Siswa SMA Negeri 1 Singosari” untuk
1.2
Rumusan
Masalah
1.
Apa pengertian dari membaca?
2.
Apa pengertian dari minat baca?
3.
Apa manfaat dari kegiatan membaca?
4.
Apa pengaruh minat baca siswa terhadap prestasi di
sekolah?
5.
Bagaimana cara meningkatkan minat baca siswa SMA
Negeri 1 Singosari?
1.3
Tujuan
Penelitian
1.
Menjelaskan pengertian dari membaca.
2.
Menjelaskan pengertian dari kegiatan minat baca..
3.
Menjelaskan manfaat dari kegiatan membaca.
4.
Menjelaskan pengaruh minat baca siswa terhadap
prestasi di sekolah.
5.
Menjelaskan cara meningkatkan minat baca siswa SMA
Negeri 1 Singosari.
1.4
Manfaat
Penelitian
1.
Pembaca mengetahui pengertian dari membaca.
2.
Pembaca mengetahui pengertian minat baca.
3.
Pembaca mengetahui manfaat dari kegiatan membaca.
4.
Pembaca mengetahui pengaruh minat baca siswa
terhadap prestasi di sekolah.
5.
Pembaca mengetahui cara meningkatkan minat baca
siswa SMA Negeri 1 Singosari.
KAJIAN PUSTAKA
2.1
Pengertian
Membaca
Membaca merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk memahami setiapkata
atau kalimat yang disampaikan oleh penulis. Menurut Huda (2017), membaca adalah
suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh
pesan yang hendah disampaikan oleh peneliti melalui media kata-kata atau bahasa
tulis.
2.2
Pengertian
Minat Baca
Menurut Liliawati (Sandjaja, 2005) mengartikan minat baca adalah suatu
perhatian yang kuat dan mendalam
disertai dengan perasaan senang terhadap kegiatan membaca sehingga dapat
mengarahkan seseorang untuk membaca dengan kemauannya sendiri.
2.3
Manfaat
Membaca
Membaca buku termasuk salah satu kegiatan yang
menghasilkan banyak mamnfaat bagi para pembacanya. Apalagi bagi serang pelajar,
tentu akan membantunya dalam proses belajar mengajar. Terkadang, para pelajar
hanya akan membaca jika disuruh guru pengajar di sekolah. Untuk itu parapelajar
harus disadarkan mengenai banyaknya manaat yang dapat kota peroleh dari
membaca.
Menurut Kasih (2018), manfaat membaca ada banyak,
yaitu :
1. Meningkatkan kecerdasan
2.
Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi
3.
Mencegak penyakit Alzheime (penurunan daya ingat dan
fungsi kognitif otak)
4.
Menumbuhkan rasa empati
5.
Mengurangi stress
2.4
Pengaruh
Minat Baca Siswa
Pada zaman ini, membaca bukanlah suatu kebiasaan
yang dilakukan para remaja. Saat ini, jarang ditemukan generasi muda yang gemar
membaca. Para remaja lebih memilih untuk menghabiskan waktunya dengan bermain
game atau sekedar jalan-jalan.
Menurut Riyadi (2017), terdapat 2 faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya
minat baca siswa, yaitu :
1.
Faktor Internal
Faktor internal merupakan
faktor yang berasal dari dalam dirinya sendiri, seperti pebawaan, keniasaan,
dan ekspresi diri.
2.
Faktor Eksternal
Faktor eksternal merupakan
faktor yang berasal dari luar diri siswa atau faktor lingkungan, baik dari
lingkungan keluarga maupun sekolah. Faktor eksternal ini mempengaruhi adanya
motivasi, kemauan, dan kecenderungan untuk selalu membaca saat dimana pun dan
kapan pun.
2.5
Cara
Meningkatkan Minat Baca
Remaja pada zaman ini, harus dibiasakan untuk
membaca agar dapat memaksimalkan manfaat dari membaca dan juga meningkatkan
prestasinya.
Menurut Rokhman (2017), upaya untuk meningkatkan
minat baca siswadapat dimulai dari lingkungan keluarga dan sekolah, diantaranya
adalah :
1.
Meningkatkan kualitas perpustakaan sekolah dari segi
sarana dan prasarana.
2.
Menyediakan bahan bacaan yang sesuai dengan usia dan
kebutuhan anak maupun remaja.
3.
Mewajibkan guru untuk memanfaatkan perpustakaan
sebagai bagian dari proses belajar mengajar.
4.
Menetapkan jam wajib kunjung perpustakaan untuk setiap kelas.
5.
Memasukkan kegiatan literasi dalam progam rutin di
sekolah.
BAB III
METODOLOGI PENELITIAN
3.1
Metode
Penelitian
Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode campuran
(kualitatif dan kuantitatif). Metode ini berupa perhitungan persentase dan juga
berupa deskripsi serta gambar dar hasil penelitian.
3.2
Teknik
Pengumpulan Data
Prosedur pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan
angket pada sampel. Teknik ini dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaan
tertulis untuk dijawab secara tertulis pula oleh responden dan mengenai hal-hal
pribadi responden, dengan asumsi bahwa respondenlah yang paling mengetahui
tentang dirinya, dan apa yang dinyatakan oleh responden kepada peneliti adalah
benar.
3.3
Instrumen
Penelitian
Berdasarkan teknik penelitian yang peneliti gunakan, instrumen penelitian
ini menggunakan angket dalam bentuk google formulir. Berikut merupakan lampiran
instrumen penelitian yang peneliti gunakan.
1.
Apakah Anda gemar membaca?
a)
Ya
b)
Tidak
2.
Berapa waktu yang Anda gunakan untuk membaca (dalam
1 hari)?
a)
<1 jam
b)
1-2 jam
c)
2-4 jam
d)
>4 jam
3.
Apakah Anda suka mengoleksi buku selain buku
pembelajaran?
a)
Ya
b)
Tidak
4.
Apa genre buku bacaan yang Anda suka?
a)
Romansa
b)
Komedi
c)
Sastra
d)
Horror
e)
Sejarah
f)
Fiksi Sains
g)
Semua genre
5.
Berapa buku yang Anda miliki (selain buku
pembelajaran)?
a)
Tidak punya
b)
1-5 buku
c)
5-10 buku
d)
>10 buku
6.
Apakah Anda sering meminjam buku ke perpustakaan
sekolah?
a)
Selalu
b)
Sering
c)
Kadang-kadang
d)
Jarang
e)
Tidak pernah
7.
Dimanakah tempat yang Anda pilih agar nyaman untuk
membaca?
a)
Rumah
b)
Sekolah
c)
Perpustakaan
d)
Taman
e)
Dimana saja
8.
Apakah Anda menggunakan waktu luang untuk membaca?
a)
Selalu
b)
Sering
c)
Kadang-kadang
d)
Jarang
e)
Tidak pernah
9.
Saat mencari referensi pembelajaran, apa yang lebih
sering Anda gunakan?
a)
Buku
b)
Internet (browser)
10.
Jenis buku apakah yang lebih Anda suka?
a)
Buku cetak
b)
Elektronik Book (e-book)
11.
Apa yang melatarbelakangi Anda untuk membaca?
a)
Ingin memperluas wawasan pengetahuan
b)
Sebagai hiburan di waktu luang
c)
Disuruh guru
d)
Hanya jika mengerjakan tugas
12.
Menurut Anda, apakah dengan membaca dapat
meningkatkan prestasi seorang pelajar di sekolah?
a)
Ya
b)
Tidak
13.
Menurut Anda, bagaimana jika sekolah menambahkan
program literasi setiap hari Jumat?
a)
Setuju
b)
Tidak setuju
3.4
Populasi
Populasi adalah jumlah keseluruhan dari unit analisa yang terdiri atas
objek/subjek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan
oleh peneliti dan diambil kesimpulannya.
Dalam melakukan penelitian ini, yang dijadikan populasi adalah seluruh
siswa siswi SMA Negeri 1 Singosari yang berjumlah 1208 siswa, yang terdiri atas
403 siswa kelas X, 422 siswa kelas XI, 383 siswa kelas XII.
3.5
Sampel
Sampel adalah bagian dari populasi yang akan diteliti dan dipandang
sebagai suatu pendugaan terhadap populasi, namun bukan populasi itu sendiri.
Yang dianggap sebagai perwakilan populasi yaitu yang hasilnya mewakili
keseluruhan gejala yang diamati. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil
sampel siswa siswi kelas X IPA B.
3.6
Prosedur
Pengumpulan Data
Teknik pengumpulan data
adalah sebuah teknik atau cara yang dilakukan oleh peneliti untuk bisa
mengumpulkan data yang terkait dengan permasalahan dari penelitian yang
dilakukan. Prosedur teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan adalah
sebagai berikut :
1.
Data dikumpulkan berdasarkan pertanyaan.
2.
Data dianalisis dan dihitung persentasenya.
3.
Data dijelaskan atau dideskripsikan dan dibandingkan
dengan teori yang ada.
4.
Data dikumpulkan.
3.7
Jadwal
Pelaksanaan
Penelitian ini dilakukan urut setiap minggunya.
Waktu |
Kegiatan |
Minggu ke-1 |
Menulis latar belakang
penelitian |
Minggu ke-2 |
Menulis rumusan masalah,
tujuan penelitian, dan manfaat penelitian |
Minggu ke-3 |
Mencari teori mengenai
permasalahan yang diangkat |
Minggu ke-4 |
Menulis BAB II Kajian
Pustaka |
Minggu ke-5 |
Menulis BAB III
Metodologi Penelitian |
Minggu ke-6 |
Menulis instrument
penelitian berupa angket (menyusun daftar pertanyaan) |
Minggu ke-7 |
Menyebar angket yang
telah dibuat kepada beberapa sampel, yang kemudian diisi oleh sampel tersebut
sesuai dengan kenyataan |
Minggu ke-8 |
Menulis BAB IV Hasil
Penelitian dan Pembahasan |
Minggu ke-9 |
Melanjutkan menulis BAB
III |
Minggu ke-10 |
Menyusun laporan karya ilmiah
remaja dalam bentuk dokumen file |
BAB IV
HASIL PENELITIAN DAN
PEMBAHASAN
4.1
Pengertian
Membaca
Membaca merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk memahami setiap
kata atau kalimat yang disampaikan oleh penulis. Menurut penelitian yang
dilakukan, sebesar 87,5% responden mengatakan bahwa mereka gemar membaa, dan
12,5% responden lainnya menyatakan bahwa mereka tidak gemar membaca. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa setidaknya masih ada banyak pelajar yang gemar
membaca sebagai kebutuhan mereka.
4.2
Pengertian
Minat Baca
Minat baca adalah kemauan dan keinginan seseorang untuk memahami isi dari
suatu bacaan. Tingkat kemauan membaca seseorang dapat dilihat dari berbagai
hal, seperti banyaknya buku yang ia koleksi, dan sebagainya.
Pertanyaan |
Ya |
Tidak |
Apakah Anda suka mengoleksi buku selain buku
pembelajaran? |
100% |
0% |
Pertanyaan |
Romansa |
Komedi |
Sastra |
Horor |
Sejarah |
Fiksi Sains |
Semua genre |
Apa genre buku bacaan yang Anda suka? |
25% |
37,5% |
0% |
0% |
0% |
12,5% |
25% |
Pertayaan |
Tidak punya |
1-5 buku |
5-10 buku |
>10 buku |
Berapa buku yang Anda miliki (selain buku
pembelajaran)? |
0% |
25% |
0% |
75% |
Pertanyaan |
Selalu |
Sering |
Kadang-kadang |
Jarang |
Tidak pernah |
Apakah Anda sering meminjam buku ke perpustakaan
sekolah? |
0% |
0% |
37,5% |
37,5% |
25% |
Pertanyaan |
Selalu |
Sering |
Kadang-kadang |
Jarang |
Tidak pernah |
Apakah Anda menggunakan waktu luang untuk membaca |
0% |
25% |
62,5% |
12,5% |
0% |
Pertanyaan |
Buku Cetak |
Elektronik Book |
Jenis buku apakah yang lebih Anda suka? |
25% |
75% |
Berdasarkan hasil penelitian, seluruh responden
mengatakan bahwa mereka suka mengoleksi buku pelajaran dengan genre dan tipe
bacaan yang berbeda-beda sesuai selera masing-masing. Kemudian, tingkat minat
baca seseorang dapat diukur dari jumlah buku yang ia koleksi, seberapa sering
mengunjungi perpustakaan, penggunaan waktu luang untuk hal yang bermanfaat, dan
lain-lain.
4.3
Manfaat
Membaca
Membaca merupakan kegiatan yang dapat memberikan banyak manfaat, salah
satunya bagi pelajar.
Pertanyaan |
Ya |
Tidak |
Menurut Anda, apakah dengan membaca dapat
meningkatkan prestasi seorang pelajar di sekolah? |
100% |
0% |
Berdasarkan
penelitian yang dilakukan, seluruh responden menyatakan bahwa membaca dapat
meningkatkan prestasi di sekolah,entah untuk mendapat nilai baik saat ujian,
mendapat peringkat pertama, hingga agar dapat memenangkan lomba-lomba.
4.4
Pengaruh
Minat Baca Siswa
Membaca tidak hanya sekedar membolak-balik halaman, namun juga memahami
isi dari buku apa yang dibaca. Saat ini, sudah jarang ditemukan seorang pelajar
yang gemar membaca. Namun, masih ada juga beberapa siswa yang gemar membaca
dengan alasan yang cukup bervariasi. Mulai dari untuk memperluas wawasan
pengetahuan, sebagai hiburan, dan lain sebagainya.
Pertanyaan |
Jawaban |
Persentase |
Apa yang melatarbelakangi Anda untuk membaca? |
a)
Ingin memperluas wawasan pengetahuan b)
Sebagai hiburan di waktu luang c)
Disuruh guru d)
Hanya jika mengerjakan tugas |
a)
50% b)
50% c)
0% d)
0% |
4.5
Cara
Meningkatkan Minat Baca Siswa
Pada saat ini, remaja harus dibiasakan untuk membaca demi memaksimalkan
manfaatnya. Hal ini dapat dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah, dan
masyarakat. Menurut peneliti, salah satu cara sederhana yang dapat dilakukan
yaitu dengan membiasakan para pelajar untuk membaca buku. Hal ini dapat dilakukan
dengan menambahkan kegiatan literasi membaca buku fiksi maupun nonfiksi
seminggu sekali (Hari Jumat) kemudian setiap siswa diharuskan menganalisis isi
dari buku yang telah ia baca.
Pertanyaan |
Setuju |
Tidak Setuju |
Menurut Anda, bagaimana jika sekolah menambahkan
program literasi setiap hari Jumat? |
75% |
25% |
Menurut
hasil penelitian yang telah dilakukan, sebagian besar siswa menyetujui adanya
program literasi seminggu sekali, karena hal ini dapat mendorong siswa minat
membaa. Namun, tetap saja hal ini masih memerlukan pertimbangan dari pihak
sekolah.
BAB V
PENUTUP
5.1
Kesimpulan
5.1.1
Pengertian
Membaca
Membaca merupakan suatu
kegiatan yang dilakukan untuk memahami setiap kata atau kalimat yang
disampaikan oleh penulis.
5.1.2
Pengertian
Minat Baca
Menurut Liliawati (Sandjaja,
2005) mengartikan minat baca adalah suatu perhatian yang kuat dan mendalam disertai dengan perasaan senang
terhadap kegiatan membaca sehingga dapat mengarahkan seseorang untuk membaca dengan
kemauannya sendiri.
5.1.3
Manfaat Membaca
Menurut Kasih (2018), manfaat membaca ada banyak,
yaitu :
1.
Meningkatkan
kecerdasan
2.
Meningkatkan
daya ingat dan konsentrasi
3.
Mencegak
penyakit Alzheime (penurunan daya ingat dan fungsi kognitif otak)
4.
Menumbuhkan
rasa empati
5.
Mengurangi
stress
5.1.4
Pengaruh
Minat Baca Siswa
Menurut Riyadi (2017), terdapat 2
faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya minat baca siswa, yaitu :
1.
Faktor Internal
Faktor internal merupakan
faktor yang berasal dari dalam dirinya sendiri, seperti pebawaan, keniasaan,
dan ekspresi diri.
2.
Faktor Eksternal
Faktor eksternal merupakan
faktor yang berasal dari luar diri siswa atau faktor lingkungan, baik dari
lingkungan keluarga maupun sekolah. Faktor eksternal ini mempengaruhi adanya
motivasi, kemauan, dan kecenderungan untuk selalu membaca saat dimana pun dan
kapan pun.
3.
Cara
Meningkatkan Minat Baca Siswa
Menurut Rokhman (2017), upaya untuk meningkatkan minat baca siswadapat
dimulai dari lingkungan keluarga dan sekolah, diantaranya adalah :
1. Meningkatkan kualitas perpustakaan
sekolah dari segi sarana dan prasarana.
2.
Menyediakan bahan bacaan yang sesuai dengan usia dan
kebutuhan anak maupun remaja.
3.
Mewajibkan guru untuk memanfaatkan perpustakaan
sebagai bagian dari proses belajar mengajar.
4.
Menetapkan jam wajib kunjung perpustakaan untuk setiap kelas.
5.
Memasukkan kegiatan literasi dalam progam rutin di
sekolah.
5.2
Saran
-
Meskipun peneliti menginginkan kesempurnaan dalam penyusunan
laporan ini, akan tetapi pada kenyataannya masih banyak kekurangan ataupun
kesalahan yang perlu diperbaiki. Hal ini
dikarenakan masih minimnya pengetahuan peneliti. Oleh karena itu,
kritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat diharapkan sebagai bahan evaluasi kedepannya.
-
DAFTAR PUSTAKA
-
Huda, Amirul Fatkhan. 2017. Pengertian Membaca. (Online: https://fatkhan.web.id, diakses pada 11 September
2019)
-
Kasih, Junika. 2018. Biasakan Membaca Buku dan Temukan Manfaat Istimewanya. (Online: https://www.gramedia.com, diakses pada 11 September
2019)
-
Riyadi, Subhan. 2017. Rendahnya Minat Baca Generasi Muda di Era Millenial. (Online: https://kompasiana.com, diakses pada 11 September
2019)
-
Rokhman. 2017. Meningkatkan
Minat Baca Siswa. (Online: https://kompasiana.com, diakses pada 18 September 2019)
0 komentar