ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Minat Baca Siswa SMAN 1 Singosari

Jumat, 09 April 2021

 

LAPORAN PENELITIAN

MINAT BACA SISWA SMA NEGERI 1 MALANG

 



BAB I

PENDAHULUAN

 

1.1         Latar Belakang

Membaca merupakan suatu cara untuk mendapatkan informasi dari sesuatu yang ditulis. Semakin banyak membaca, maka semakin banyak pula manfaat yang kita dapatkan. Kegiatan membaca sangat penting bagi para pelajar. Banyak orang mengatakan bahwa dengan membaca, kita dapat membuka jendela dunia. Membaca dapat membuka wawasan lebih luas. Informasi yang kita dapat tidak hanya dari dalam , negeri, namun juga mengenai dunia yang luas ini.

Namun, sangat disayangkan pelajar pada zaman sekarang masih kurang sadar akan pentingnya membaca, salah satunya adalah siswa siswi SMA Negeri 1 Singosari. Untuk mengisi waktu luang, sebagian besar para pelajar lebih memilih bermain game online, mengobrol ria dengan teman-temannya atau hanya sekedar jalan- jalan keliling sekolah. Padahal, waktu luang yang ada bisa digunakan untuk berbagai kegiatan yang lebih bermanfaat untuk masa depan, salah satunya adalah dengan membaca.

Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan penelitian berjudul “Minat Baca Siswa SMA Negeri 1 Singosari” untuk

 

1.2         Rumusan Masalah

1.    Apa pengertian dari membaca?

2.    Apa pengertian dari minat baca?

3.    Apa manfaat dari kegiatan membaca?

4.    Apa pengaruh minat baca siswa terhadap prestasi di sekolah?

5.    Bagaimana cara meningkatkan minat baca siswa SMA Negeri 1 Singosari?

 

1.3         Tujuan Penelitian

1.    Menjelaskan pengertian dari membaca.

2.    Menjelaskan pengertian dari kegiatan minat baca..

3.    Menjelaskan manfaat dari kegiatan membaca.

4.    Menjelaskan pengaruh minat baca siswa terhadap prestasi di sekolah.

5.    Menjelaskan cara meningkatkan minat baca siswa SMA Negeri 1 Singosari.

1.4         Manfaat Penelitian

1.    Pembaca mengetahui pengertian dari membaca.

2.    Pembaca mengetahui pengertian minat baca.

3.    Pembaca mengetahui manfaat dari kegiatan membaca.

4.    Pembaca mengetahui pengaruh minat baca siswa terhadap prestasi di sekolah.

5.    Pembaca mengetahui cara meningkatkan minat baca siswa SMA Negeri 1 Singosari.


 BAB II

KAJIAN PUSTAKA

 

2.1         Pengertian Membaca

Membaca merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk memahami setiapkata atau kalimat yang disampaikan oleh penulis. Menurut Huda (2017), membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendah disampaikan oleh peneliti melalui media kata-kata atau bahasa tulis.

 

2.2         Pengertian Minat Baca

Menurut Liliawati (Sandjaja, 2005) mengartikan minat baca adalah suatu perhatian yang kuat  dan mendalam disertai dengan perasaan senang terhadap kegiatan membaca sehingga dapat mengarahkan seseorang untuk membaca dengan kemauannya sendiri.

 

2.3         Manfaat Membaca

Membaca buku termasuk salah satu kegiatan yang menghasilkan banyak mamnfaat bagi para pembacanya. Apalagi bagi serang pelajar, tentu akan membantunya dalam proses belajar mengajar. Terkadang, para pelajar hanya akan membaca jika disuruh guru pengajar di sekolah. Untuk itu parapelajar harus disadarkan mengenai banyaknya manaat yang dapat kota peroleh dari membaca.

Menurut Kasih (2018), manfaat membaca ada banyak, yaitu :

1.      Meningkatkan kecerdasan

2.      Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi

3.      Mencegak penyakit Alzheime (penurunan daya ingat dan fungsi kognitif otak)

4.      Menumbuhkan rasa empati

5.      Mengurangi stress

 

2.4         Pengaruh Minat Baca Siswa

Pada zaman ini, membaca bukanlah suatu kebiasaan yang dilakukan para remaja. Saat ini, jarang ditemukan generasi muda yang gemar membaca. Para remaja lebih memilih untuk menghabiskan waktunya dengan bermain game atau sekedar jalan-jalan.

Menurut Riyadi (2017), terdapat  2 faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya minat baca siswa, yaitu :

1.      Faktor Internal

Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam dirinya sendiri, seperti pebawaan, keniasaan, dan ekspresi diri.

2.      Faktor Eksternal

Faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar diri siswa atau faktor lingkungan, baik dari lingkungan keluarga maupun sekolah. Faktor eksternal ini mempengaruhi adanya motivasi, kemauan, dan kecenderungan untuk selalu membaca saat dimana pun dan kapan pun.

 

2.5         Cara Meningkatkan Minat Baca

Remaja pada zaman ini, harus dibiasakan untuk membaca agar dapat memaksimalkan manfaat dari membaca dan juga meningkatkan prestasinya.

Menurut Rokhman (2017), upaya untuk meningkatkan minat baca siswadapat dimulai dari lingkungan keluarga dan sekolah, diantaranya adalah :

1.      Meningkatkan kualitas perpustakaan sekolah dari segi sarana dan prasarana.

2.      Menyediakan bahan bacaan yang sesuai dengan usia dan kebutuhan anak maupun remaja.

3.      Mewajibkan guru untuk memanfaatkan perpustakaan sebagai bagian dari proses belajar mengajar.

4.      Menetapkan jam wajib kunjung  perpustakaan untuk setiap kelas.

5.      Memasukkan kegiatan literasi dalam progam rutin di sekolah.


 

BAB III

METODOLOGI PENELITIAN

 

3.1         Metode Penelitian

Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode campuran (kualitatif dan kuantitatif). Metode ini berupa perhitungan persentase dan juga berupa deskripsi serta gambar dar hasil penelitian.

 

3.2         Teknik Pengumpulan Data

Prosedur pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan cara memberikan angket pada sampel. Teknik ini dilakukan dengan cara mengajukan pertanyaan tertulis untuk dijawab secara tertulis pula oleh responden dan mengenai hal-hal pribadi responden, dengan asumsi bahwa respondenlah yang paling mengetahui tentang dirinya, dan apa yang dinyatakan oleh responden kepada peneliti adalah benar.

 

3.3         Instrumen Penelitian

Berdasarkan teknik penelitian yang peneliti gunakan, instrumen penelitian ini menggunakan angket dalam bentuk google formulir. Berikut merupakan lampiran instrumen penelitian yang peneliti gunakan.

1.         Apakah Anda gemar membaca?

a)      Ya

b)      Tidak

2.         Berapa waktu yang Anda gunakan untuk membaca (dalam 1 hari)?

a)      <1 jam

b)      1-2 jam

c)      2-4 jam

d)     >4 jam

3.         Apakah Anda suka mengoleksi buku selain buku pembelajaran?

a)      Ya

b)      Tidak

4.         Apa genre buku bacaan yang Anda suka?

a)      Romansa

b)      Komedi

c)      Sastra

d)     Horror

e)      Sejarah

f)       Fiksi Sains

g)      Semua genre

5.         Berapa buku yang Anda miliki (selain buku pembelajaran)?

a)      Tidak punya

b)      1-5 buku

c)      5-10 buku

d)     >10 buku

6.         Apakah Anda sering meminjam buku ke perpustakaan sekolah?

a)      Selalu

b)      Sering

c)      Kadang-kadang

d)     Jarang

e)      Tidak pernah

7.         Dimanakah tempat yang Anda pilih agar nyaman untuk membaca?

a)      Rumah

b)      Sekolah

c)      Perpustakaan

d)     Taman

e)      Dimana saja

8.         Apakah Anda menggunakan waktu luang untuk membaca?

a)      Selalu

b)      Sering

c)      Kadang-kadang

d)     Jarang

e)      Tidak pernah

9.         Saat mencari referensi pembelajaran, apa yang lebih sering Anda gunakan?

a)      Buku

b)      Internet (browser)

10.     Jenis buku apakah yang lebih Anda suka?

a)      Buku cetak

b)      Elektronik Book (e-book)

11.     Apa yang melatarbelakangi Anda untuk membaca?

a)      Ingin memperluas wawasan pengetahuan

b)      Sebagai hiburan di waktu luang

c)      Disuruh guru

d)     Hanya jika mengerjakan tugas

12.     Menurut Anda, apakah dengan membaca dapat meningkatkan prestasi seorang pelajar di sekolah?

a)      Ya

b)      Tidak

13.     Menurut Anda, bagaimana jika sekolah menambahkan program literasi setiap hari Jumat?

a)      Setuju

b)      Tidak setuju

 

3.4         Populasi

Populasi adalah jumlah keseluruhan dari unit analisa yang terdiri atas objek/subjek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti dan diambil kesimpulannya.

Dalam melakukan penelitian ini, yang dijadikan populasi adalah seluruh siswa siswi SMA Negeri 1 Singosari yang berjumlah 1208 siswa, yang terdiri atas 403 siswa kelas X, 422 siswa kelas XI, 383 siswa kelas XII.

 

3.5         Sampel

Sampel adalah bagian dari populasi yang akan diteliti dan dipandang sebagai suatu pendugaan terhadap populasi, namun bukan populasi itu sendiri. Yang dianggap sebagai perwakilan populasi yaitu yang hasilnya mewakili keseluruhan gejala yang diamati. Dalam penelitian ini, peneliti mengambil sampel siswa siswi kelas X IPA B.

 

3.6         Prosedur Pengumpulan Data

Teknik pengumpulan data adalah sebuah teknik atau cara yang dilakukan oleh peneliti untuk bisa mengumpulkan data yang terkait dengan permasalahan dari penelitian yang dilakukan. Prosedur teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan adalah sebagai berikut :

1.      Data dikumpulkan berdasarkan pertanyaan.

2.      Data dianalisis dan dihitung persentasenya.

3.      Data dijelaskan atau dideskripsikan dan dibandingkan dengan teori yang ada.

4.      Data dikumpulkan.

 

3.7         Jadwal Pelaksanaan

Penelitian ini dilakukan urut setiap minggunya.

Waktu

Kegiatan

Minggu ke-1

Menulis latar belakang penelitian

Minggu ke-2

Menulis rumusan masalah, tujuan penelitian, dan manfaat penelitian

Minggu ke-3

Mencari teori mengenai permasalahan yang diangkat

Minggu ke-4

Menulis BAB II Kajian Pustaka

Minggu ke-5

Menulis BAB III Metodologi Penelitian

Minggu ke-6

Menulis instrument penelitian berupa angket (menyusun daftar pertanyaan)

Minggu ke-7

Menyebar angket yang telah dibuat kepada beberapa sampel, yang kemudian diisi oleh sampel tersebut sesuai dengan kenyataan

Minggu ke-8

Menulis BAB IV Hasil Penelitian dan Pembahasan

Minggu ke-9

Melanjutkan menulis BAB III

Minggu ke-10

Menyusun laporan karya ilmiah remaja dalam bentuk dokumen file


 

BAB IV

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

 

4.1         Pengertian Membaca

Membaca merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk memahami setiap kata atau kalimat yang disampaikan oleh penulis. Menurut penelitian yang dilakukan, sebesar 87,5% responden mengatakan bahwa mereka gemar membaa, dan 12,5% responden lainnya menyatakan bahwa mereka tidak gemar membaca. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setidaknya masih ada banyak pelajar yang gemar membaca sebagai kebutuhan mereka.

 

4.2         Pengertian Minat Baca

Minat baca adalah kemauan dan keinginan seseorang untuk memahami isi dari suatu bacaan. Tingkat kemauan membaca seseorang dapat dilihat dari berbagai hal, seperti banyaknya buku yang ia koleksi, dan sebagainya.

Pertanyaan

Ya

Tidak

Apakah Anda suka mengoleksi buku selain buku pembelajaran?

100%

0%

 

Pertanyaan

Romansa

Komedi

Sastra

Horor

Sejarah

Fiksi Sains

Semua genre

Apa genre buku bacaan yang Anda suka?

25%

37,5%

0%

0%

0%

12,5%

25%

 

Pertayaan

Tidak punya

1-5 buku

5-10 buku

>10 buku

Berapa buku yang Anda miliki (selain buku pembelajaran)?

0%

25%

0%

75%

 

Pertanyaan

Selalu

Sering

Kadang-kadang

Jarang

Tidak pernah

Apakah Anda sering meminjam buku ke perpustakaan sekolah?

0%

0%

37,5%

37,5%

25%

 

Pertanyaan

Selalu

Sering

Kadang-kadang

Jarang

Tidak pernah

Apakah Anda menggunakan waktu luang untuk membaca

0%

25%

62,5%

12,5%

0%

 

Pertanyaan

Buku Cetak

Elektronik Book

Jenis buku apakah yang lebih Anda suka?

25%

75%

Berdasarkan hasil penelitian, seluruh responden mengatakan bahwa mereka suka mengoleksi buku pelajaran dengan genre dan tipe bacaan yang berbeda-beda sesuai selera masing-masing. Kemudian, tingkat minat baca seseorang dapat diukur dari jumlah buku yang ia koleksi, seberapa sering mengunjungi perpustakaan, penggunaan waktu luang untuk hal yang bermanfaat, dan lain-lain.

 

4.3         Manfaat Membaca

Membaca merupakan kegiatan yang dapat memberikan banyak manfaat, salah satunya bagi pelajar.

Pertanyaan

Ya

Tidak

Menurut Anda, apakah dengan membaca dapat meningkatkan prestasi seorang pelajar di sekolah?

100%

0%

Berdasarkan penelitian yang dilakukan, seluruh responden menyatakan bahwa membaca dapat meningkatkan prestasi di sekolah,entah untuk mendapat nilai baik saat ujian, mendapat peringkat pertama, hingga agar dapat memenangkan lomba-lomba.

 

4.4         Pengaruh Minat Baca Siswa

Membaca tidak hanya sekedar membolak-balik halaman, namun juga memahami isi dari buku apa yang dibaca. Saat ini, sudah jarang ditemukan seorang pelajar yang gemar membaca. Namun, masih ada juga beberapa siswa yang gemar membaca dengan alasan yang cukup bervariasi. Mulai dari untuk memperluas wawasan pengetahuan, sebagai hiburan, dan lain sebagainya.

Pertanyaan

Jawaban

Persentase

Apa yang melatarbelakangi Anda untuk membaca?

a)      Ingin memperluas wawasan pengetahuan

b)      Sebagai hiburan di waktu luang

c)      Disuruh guru

d)     Hanya jika mengerjakan tugas

 

a)      50%

b)      50%

c)      0%

d)     0%

 

4.5         Cara Meningkatkan Minat Baca Siswa

Pada saat ini, remaja harus dibiasakan untuk membaca demi memaksimalkan manfaatnya. Hal ini dapat dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Menurut peneliti, salah satu cara sederhana yang dapat dilakukan yaitu dengan membiasakan para pelajar untuk membaca buku. Hal ini dapat dilakukan dengan menambahkan kegiatan literasi membaca buku fiksi maupun nonfiksi seminggu sekali (Hari Jumat) kemudian setiap siswa diharuskan menganalisis isi dari buku yang telah ia baca.

Pertanyaan

Setuju

Tidak Setuju

Menurut Anda, bagaimana jika sekolah menambahkan program literasi setiap hari Jumat?

75%

25%

Menurut hasil penelitian yang telah dilakukan, sebagian besar siswa menyetujui adanya program literasi seminggu sekali, karena hal ini dapat mendorong siswa minat membaa. Namun, tetap saja hal ini masih memerlukan pertimbangan dari pihak sekolah.


 

BAB V

PENUTUP

 

5.1         Kesimpulan

5.1.1        Pengertian Membaca

Membaca merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk memahami setiap kata atau kalimat yang disampaikan oleh penulis.

5.1.2        Pengertian Minat Baca

Menurut Liliawati (Sandjaja, 2005) mengartikan minat baca adalah suatu perhatian yang kuat  dan mendalam disertai dengan perasaan senang terhadap kegiatan membaca sehingga dapat mengarahkan seseorang untuk membaca dengan kemauannya sendiri.

5.1.3        Manfaat Membaca

Menurut Kasih (2018), manfaat membaca ada banyak, yaitu :

1.      Meningkatkan kecerdasan

2.      Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi

3.      Mencegak penyakit Alzheime (penurunan daya ingat dan fungsi kognitif otak)

4.      Menumbuhkan rasa empati

5.      Mengurangi stress

5.1.4        Pengaruh Minat Baca Siswa

Menurut Riyadi (2017), terdapat  2 faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya minat baca siswa, yaitu :

1.      Faktor Internal

Faktor internal merupakan faktor yang berasal dari dalam dirinya sendiri, seperti pebawaan, keniasaan, dan ekspresi diri.

2.      Faktor Eksternal

Faktor eksternal merupakan faktor yang berasal dari luar diri siswa atau faktor lingkungan, baik dari lingkungan keluarga maupun sekolah. Faktor eksternal ini mempengaruhi adanya motivasi, kemauan, dan kecenderungan untuk selalu membaca saat dimana pun dan kapan pun.

 

3.                  Cara Meningkatkan Minat Baca Siswa

Menurut Rokhman (2017), upaya untuk meningkatkan minat baca siswadapat dimulai dari lingkungan keluarga dan sekolah, diantaranya adalah :

1.      Meningkatkan kualitas perpustakaan sekolah dari segi sarana dan prasarana.

2.      Menyediakan bahan bacaan yang sesuai dengan usia dan kebutuhan anak maupun remaja.

3.      Mewajibkan guru untuk memanfaatkan perpustakaan sebagai bagian dari proses belajar mengajar.

4.      Menetapkan jam wajib kunjung  perpustakaan untuk setiap kelas.

5.      Memasukkan kegiatan literasi dalam progam rutin di sekolah.

 

5.2         Saran

-          Meskipun peneliti menginginkan kesempurnaan dalam penyusunan laporan ini, akan tetapi pada kenyataannya masih banyak kekurangan ataupun kesalahan yang perlu diperbaiki. Hal ini dikarenakan masih minimnya pengetahuan peneliti. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat diharapkan sebagai bahan evaluasi kedepannya.


-           

DAFTAR PUSTAKA

 

-               Huda, Amirul Fatkhan. 2017. Pengertian Membaca. (Online: https://fatkhan.web.id, diakses pada 11 September 2019)

-               Kasih, Junika. 2018. Biasakan Membaca Buku dan Temukan Manfaat Istimewanya.  (Online: https://www.gramedia.com, diakses pada 11 September 2019)

-               Riyadi, Subhan. 2017. Rendahnya Minat Baca Generasi Muda di Era Millenial. (Online: https://kompasiana.com, diakses pada 11 September 2019)

-               Rokhman. 2017. Meningkatkan Minat Baca Siswa. (Online: https://kompasiana.com, diakses  pada 18 September 2019)

 

 

Share This :

0 komentar